Fians.id – Mencari sebuah ide bisnis yang terbaik pasti tidak mungkin membutuhkan waktu singkat. Anda mungkin akan banyak menguras waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk mencari ide-ide bisnis terbaik yang cocok untuk diri Anda.

Setelah Anda menemukan ide-ide bisnis tersebut, Anda juga merasa siap untuk mengembangkannya. mulailah beranggapan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan Anda sebagai seorang karyawan pada sebuah perusahaan dan mengawali bisnis Anda sendiri. Anda yakin bahwa sudah saatnya Anda mengawali hidup baru sebagai pebisnis.

Namun, sebelum Anda beraksi lebih jauh dan menciptakan suatu perubahan, usahakan Anda terlebih dahulu mengevaluasi ide bisnis Anda. Pastikan apakah ide yang akan anda eksekusi itu potensial dan menjanjikan untuk dikembangkan. Berikut ada beberapa cara evaluasi ide bisnis berpotensi sukses yang perlu Anda lakukan.

Identifikasi target pasar

Langkah paling penting untuk menilai potensi dari sebuah ide bisnis Anda adalah dengan mengidentifikasi target pasar. Tentukan siapa yang akan menjadi pembeli produk atau memakai jasa Anda. Anda harus melihat siapa konsumen atau pelanggan ideal Anda. Semakin baik jika Anda dapat mempersempit target pasar Anda. Perhatikan sejumlah hal seperti usia, jenis kelamin, kedudukan pendidikan, tingkat pendapatan, dan juga lokasi target pasar Anda.

Kemudian, lakukan riset pasar atau pemasaran untuk meneliti seberapa besar pasar Anda dan untuk mengenal siapa dan bagaimana perilaku konsumen yang sebenarnya. Riset dapat dilaksanakan melalui survei, wawancara langsung, atau diskusi komunitas untuk menguji segmen pasar Anda. Setelah itu, Anda akan tahu apakah ide bisnis Anda potensial dan sesuai dengan incaran target yang Anda buat sebelumnya.

Kenali kompetitor

Jika Anda sudah mengenal konsumen ideal Anda seperti apa, maka selanjutnya temukan kompetitor Anda. Cari tahu apakah bisnis pesaing memiliki ide yang sama atau produk yang serupa. Anda harus mengenal siapa saja kompetitor Anda sebelum melangkah lebih jauh dalam mengembangkan ide bisnis Anda.

Tahu keunikan produk Anda

Selama Anda mengerjakan riset pasar, Anda akan memahami apakah ide bisnis Anda tersebut unik dan berbeda. Anda mungkin saja mengejar bisnis lain yang menawarkan produk atau layanan yang sama atau sama dengan ide usaha Anda saat ini. Jika ada, ini berarti Anda telah mempunyai pesaing.

Namun, bukan berarti Anda tidak mengembangkan ide bisnis tersebut atau mengenalkan bisnis Anda. Sebab Anda masih dapat mengatasinya dengan membuat bisnis Anda lebih berbeda. Temukan hal yang tidak dipunyai oleh pesaing dan buat produk Anda punya keunggulan. Dengan begitu, nantinya konsumen bisa tertarik dengan produk Anda dan brand Anda akan lebih diingat oleh konsumen.

Baca Juga : 6 Kendala Usaha yang Sering Dialami Ketika Akan Memulai Berbisnis

Perhatikan kondisi finansial

Uang merupakan hal sangat penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Anda harus melihat kondisi keuangan Anda dan memperhitungkannya dengan baik. Sehingga Anda bisa menyiapkan modal usaha yang diperlukan dan memperkirakan sejauh mana bisnis Anda akan menghasilkan.

Untuk itu, hitung berapa biaya yang akan dikeluarkan untuk mengembangkan hingga memulai bisnis Anda. Lalu ketahui dari mana modal berasal dan bagaimana teknik mengumpulkannya. Perhitungkan juga potensi pendapatan yang kemungkinan bisa didapatkan ketika bisnis tersebut berjalan. Pastikan Anda siap untuk menanggulangi masalah finansial yang mungkin akan dihadapi.

Ambil keputusan

Setelah itu, saatnya Anda mengambil keputusan. Jika Anda merasa bahwa ide bisnis ternyata tidak pantas untuk diperjuangkan dan tidak berpotensi lagi untuk sukses, maka usahakan Anda batalkan niat Anda untuk mengembangkannya. Tidak apa-apa jika kecewa di awal, yang penting Anda terhindar dari kegagalan. Namun, jika riset mengindikasikan bahwa bisnis Anda ternyata berpotensi, maka segeralah melangkah ke tahap selanjutnya. Buatlah rencana bisnis yang matang dan terkonsep dengan baik.

Nah, beberapa cara evaluasi ide bisnis berpotensi sukses di atas bisa Anda jadikan sebuah referensi positif bagi Anda yang saat ini ingin membuka bisnis pertamanya, atau bahkan akan membuka bisnis baru. Pikirkan secara matang sebelum menjalankan ide usaha yang Anda yakini. Semoga bermanfaat, dan lekas bergerak janganlah menunda sebuah kesuksesan dalam berbisnis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *