8 shares

Fians.id – Memulai sesuatu yang baru tentu lebih susah daripada mengerjakan sesuatu yang sudah sering dilakukan. Itulah sebabnya kenapa banyak orang yang ingin berbisnis namun tidak juga sukses memulainya. Bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis, kapan kira-kira anda akan mengawali bisnis pertama Anda? Jangan kelamaan memiliki mimpi tanpa upaya merealisasikannya. Memang ada banyak faktor yang menghambat untuk mengawali sebuah bisnis. Namun, Anda pasti dapat mengatasinya jika Anda mau mencari solusinya. Apa saja sih kendalanya? Daripada penasaran, berikut akan diulas mengenai kendala usaha yang sering dialami ketika akan memulai berbisnis.

Bingung mau usaha apa

Kebanyakan ide bisnis menjadikan Anda bingung dalam memilih mana yang akan dijalankan terlebih dahulu. Ada banyak kesempatan bisnis yang menjanjikan. Namun, Anda bingung memilih kesempatan usaha yang terbaik dan sesuai untuk Anda.

Rasanya Anda ingin membuka kafe, namun Anda tertarik juga dengan bisnis startup atau bisnis properti. Menjalankan semuanya sekaligus tidak mungkin. Anda juga harus memilih salah satu. Jika Anda bingung, usahakanlah Anda memilih bisnis yang sangat sesuai dengan passion dan keahlian, serta mempunyai prospek yang bagus untuk jangka panjang. Itulah bisnis yang paling pantas untuk Anda jalankan.

Takut usaha gagal

Kegagalan menjadi mimpi buruk yang menakutkan untuk siapa saja. Kekhawatiran merupakan hal yang wajar, harusnya Anda tidak akan membiarkannya menghalangi Anda untuk melangkah. Anda mesti melawannya. Berpikirlah positif senantiasa. Bergaullah dengan orang-orang yang optimis. Lihatlah orang lain yang telah sukses, sebenarnya dulunya hidup kurang mampu atau tidak berpendidikan tinggi. Buatlah diri Anda termotivasi supaya Anda tidak fokus memikirkan hal-hal negatif.

Tidak ada modal usaha

Sesuaikan bisnis Anda dengan modal yang dipunya. Jika modal terbatas,usahakanlah bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu. Seperti bisnis dropship online di mana Anda hanya perlu modal handphone dan koneki internet. Namun, jika Anda maunya mengerjakan bisnis dengan modal yang lumayan besar, maka usahakanlah cari pemasukan ekstra dengan bekerja sampingan. Bisa juga dengan meminjam duit pada keluarga ataupun bank. Bahkan usahakanlah cari investor yang tertarik dengan konsep bisnis Anda. Anda dapat menggaet investor melalui website crowdfunding. Bisa juga melalui persaingan startup untuk menemukan pendanaan dari semua Venture Capital jika Anda sukses memenangkan pitching.

Baca Juga : Inilah Peluang Usaha Mahasiswa Terbaik Dengan Modal Kecil

Tidak ada tempat untuk buka usaha

Harga sewa tempat atau stand yang semakin mahal sering menjadi tantangan usaha. Namun, tidak semua jenis bisnis mesti membutuhkan sewa tempat. Lebih baik mulailah bisnis dari apa yang anda punya. Anda dapat memulai bisnis rumahan. Anda dapat berjualan barang secara online. Anda dapat menjalankan bisnis dari tempat tinggal Anda. Tidak usah pusing untuk mencari tempat usaha lagi.

Merasa tidak punya kemampuan berbisnis

Skill tersebut penting dan Anda bisa mempelajarinya. Banyaklah membaca, ikuti seminar dan kursus, serta bergabunglah dengan komunitas wirausaha untuk mendapatkan ilmu dan meningkatkan jaringan bisnis. Pebisnis yang telah sukses dulunya juga memulai bisnis dari nol dan tidak punya pengalaman sama sekali. Jadi, Anda pun juga bisa, asalkan Anda berkeinginan untuk terus belajar dan meningkatkan skill bisnis Anda.

Belum siap resign dari pekerjaan

Idealnya, Anda fokus saat menjalankan bisnis. Namun, jika Anda merasa belum siap untuk meninggalkan pekerjaan Anda saat ini, maka tidak terlalu menjadi masalah. Anda bisa kok berbisnis dengan bekerja kantoran. Anda hanya perlu disiplin dalam menata waktu antara bisnis dan pekerjaan. Sebab Anda akan lebih sibuk dan Anda harus siap menanggung resikonya.

Nah, itulah kendala usaha yang sering dialami ketika akan memulai berbisnis. Bagi Anda yang masih ragu-ragu untuk memulai berbisnis, segera atasi masalah Anda dan mulailah bisnis pertama Anda. Jangan kelamaan menunda bisnis sebelum menyesal nantinya jika ide bisnis Anda didahului oleh orang lain.

 


Like it? Share with your friends!

8 shares

One Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *